Candi Ratu Boko - Warisan Budaya Satu Satunya Di Dunia

Candi Ratu Boko - Warisan Budaya Satu Satunya Di Dunia

Yogyakarta memang mempunyai cita rasa tinggi dalam hal pariwisata, mulai dari pantai hingga wisata alam pegunungan. Untuk urusan cagar budaya, candi di yogyakarta memang gudangnya, ada candi prambanan, candi ijo, candi kalasan, candi sambisari dan masih banyak lagi yang tentunya sulit untuk anda lupakan. Wisata candi di yogyakarta memang merupakan candi warisan zaman dahulu tepatnya jaman kerajaan hindu budha di indonesia. Salahsatunya adalah candi ratu boko. Situs Ratu Baka atau Candi Boko (bahasa Jawa: Candhi Ratu Baka) adalah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan, 18 km sebelah timur Kota Yogyakarta atau 50 km barat daya Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Situs Ratu Baka terletak di sebuah bukit pada ketinggian 196 meter dari permukaan laut. Luas keseluruhan kompleks adalah sekitar 25 ha.

Situs ini menampilkan atribut sebagai tempat berkegiatan atau situs pemukiman, namun fungsi tepatnya belum diketahui dengan jelas. Ratu Boko diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra (Rakai Panangkaran) dari Kerajaan Medang (Mataram Hindu). Dilihat dari pola peletakan sisa-sisa bangunan, diduga kuat situs ini merupakan bekas keraton (istana raja). Pendapat ini berdasarkan pada kenyataan bahwa kompleks ini bukan candi atau bangunan dengan sifat religius, melainkan sebuah istana berbenteng dengan bukti adanya sisa dinding benteng dan parit kering sebagai struktur pertahanan. Sisa-sisa permukiman penduduk juga ditemukan di sekitar lokasi situs ini.

Nama "Ratu Baka" berasal dari legenda masyarakat setempat. Ratu Baka (bahasa Jawa, arti harafiah: "raja bangau") adalah ayah dari Loro Jonggrang, yang juga menjadi nama candi utama pada kompleks Candi Prambanan. Kompleks bangunan ini dikaitkan dengan legenda rakyat setempat Loro Jonggrang.

Secara administratif, situs ini berada di wilayah dua Dukuh, yakni Dukuh Dawung, Desa Bokoharjo dan Dukuh Sumberwatu, Desa Sambireja, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Indonesia. Situs ini dicalonkan ke UNESCO untuk dijadikan Situs Warisan Dunia sejak tahun 1995. Berikut beberapa hasil jepretan netizen yang menggambarkan keindahan candi ratu boko :

Suasana candi ratu boko yang anggun dan indah pada sore hari. Kawasan komplek ratu boko ini menjanjikan keindahan yang tiada duanya. Suasana sore atau sunset pada sore hari di ratu boko akan menambah keintiman hubungan asmara anda dan pasangan anda. Candi dengan pesona alam yang menawarkan keindahan ini akan terlihat indah dengan perpaduan seni dan arsitektur tinggi. Komplek ratu boko ini tempat yang indah buat anda menghabiskan waktu sore anda sambil mengembalikan kesegaran pikiran anda. Suasana nyaman dan intim ada di candi ini.
Suasana pada siang hari di candi boko, memang panas, itu sudah lumrah, tetapi kesan artistik dari bangunan ini membuat para wisatawan enggan untuk beranjak dari situs candi boko ini. Perpaduan antara budaya dan arsitektur ini menunjukkan bahwa candi boko tak kalah dengan candi yang ada di Indonesia lainya. Jika anda berkunjung ke candi boko, bawalah kamera anda, abadikan momen keluarga anda. Karena keindahan alam yang dijanjkan oleh situs candi boko ini membuat anda akan mensyukuri betapa anugrah Tuhan itu memang harus kita syukuri.
Gambar ini menunjukkan betapa hijau dan ramahnya komplek candi boko ini. Pengunjung akan dimanjakan oleh keindahan alam candi ratu boko. kompleks candi ratu boko ini anggun sekali, jadi buat anda yang berwisata kesana, jagalah rawatlah keindahan alam ratu boko ini. Didunia hanya ada satu, maka tugas kita harus menjaga dan merawt agar anak cucu kita bisa merasakan keindahan candi ratu boko ini. Alam adalah sahabat kita, jadi jika anda menyayangi sahabat anada, maka rawatlah alam anda. Hindari mencoret dan merusak salah satu warisan budaya dunia ini. Candi ratu boko, keindahan yang hanya ada di Yogyakarta.

Buat traveling yang ingin tahu apa itu candi ijo, bisa membaca :
Pesona candi ijo

Dan yang ingin mengetahui tentang wisata puncak di piyungan bisa baca :
Eksotisme puncak di piyungan


0 Response to "Candi Ratu Boko - Warisan Budaya Satu Satunya Di Dunia"

Post a Comment